Minggu, 24 Juli 2011

Terminologi Jaringan Komputer

Terminologi Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
        Jaringan Komputer adalah beberapa komputer yang terhubung satu sama lain untuk menggapai suatu tujuan, Tujuan dari jaringan komputer adalah :
  ==> Suatu jaringan komputer terdiri atas:
1.    Minimal dua buah komputer.
2.    Network interface
3.    Media komunikasi
4.    OS
5.    Connection Tools

Klasifikasi

Berikut adalah klasifikasi jaringan komputer antara lain:
  1. Berdasarkan geografisnya terbagi atas 3 jenis, antara lain:
      1. LAN (Local Area Networks)
      2. MAN (Metropolis Area Networks)
      3. WAN (Wide Area Networks)
  2. Berdasarkan fungsi, terbagi atas 2 jenis, yaitu:
      1. Jaringan Klien-server (Client-server)
Contoh : Perusahaan IT, dimana ada suatu komputer server (penyedia) dan komputer komputer klien yang saling berinteraksi dan saling berpindah data
      1. Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer)
Contoh : Bermain game secara LAN, dimana seluruh komputernya sama , jadi seluruh komputer bisa menjadi klien dan juga server.
  1. Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas
  2. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    1. Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan server yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.
    1. Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
  1. Berdasarkan media transmisi data
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabeljaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Transmission Control Protocol/Internet Protocol
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitasinternet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. 
Model referensi komunikasi data
           Model referensi komunikasi data atau juga disebut protokol, yaitu adalah sebuah arsitektur komunikasi yang dijadikan standar dalam implementasi komunikasi data.Ada contoh dari prtokol tersebut, yaitu :
1.             Model OSI, Open System Interconnection adalah protocol yang dibuat oleh ISO ( International Organization for Standardization ) yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar jaringan yang beragam. OSI memiliki 7 lapisan atau layer, yaitu : Physical Layer, Data Link Layer, Network Layer, Transport Layer, Session Layer, Pressentation Layer, Application Layer.
2.            Model SNA, System Network Architecture adalah arsitektur produksi IBM tetapi baru prototype. memiliki 7 lapisan, yaitu : Transaction services, Presentation layer, data flow control, Transmission Control, Path control, Data Compresion control, Physical control
3.            Model TCP/IP, TCP/IP 






Enkapsulasi & Dekapsulasi
Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut. Dalam OSI Reference Model, proses enkapsulasi yang terjadi pada lapisan terendah umumnya disebut sebagai "framing". Beberapa jenis enkapsulasi lainnya antara lain:
1) Frame Ethernet yang melakukan enkapsulasi terhadap datagram yang dibentuk oleh Internet Protocol (IP), yang dalam datagram tersebut juga melakukan enkapsulasi terhadap paket data yang dibuat oleh protokol TCP atau UDP. Data yang dienkapsulasi oleh protokol TCP atau UDP tersebut sendiri merupakan data aktual yang ditransmisikan melalui jaringan.
2) Frame Ethernet yang dienkapsulasi ke dalam bentuk frame Asynchronous Transfer Mode (ATM) agar dapat ditransmisikan melalui backbone ATM.
Lapisan data-link dalam Model Referensi OSI merupakan lapisan yang bertanggung jawab dalam melakukan enkapsulasi atau framing data sebelum dapat ditransmisikan di atas media jaringan (kabel, radio, atau cahaya). Dalam teknologi jaringan Local Area Network (LAN), hal ini dilakukan oleh Carrier sense multiple access with collision detection (CSMA/CD) untuk jaringan Ethernet; token-passing untuk jaringan Token Ring, dan lain-lain.
 
Sedangkan Dekapsulasi adalah Proses pemisahan header IP terluar pada paket yang datang, sehingga datagram yang ditumpangkan itu dapat diakses dan dapat dikirimkan ke tujuan yang sebenarnya. Dekapsulasi merupakan kebalikan dari enkapsulasi.


Packet Data Unit
       Sebuah unit data protokol (PDU) adalah data berlapis sistem pengirimanyang baik berkomunikasi dengan perangkat jaringan atau dengan protokol di mesin yang sama. 
       Kedua jaringan dan program yang berjalan pada komputer yang sama kebutuhan untuk berkomunikasi dan bertukar data untuk berfungsi. Protokol Data Unit digunakan sebagai paket untuk membuat dan menyampaikan data ini antara dua protokol atau proses. 

Sumber :
http://id.wikipedia.org/ 
http://www.wisegeek.com/what-is-a-protocol-data-unit.htm
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar