Minggu, 24 Juli 2011

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer


Komunikasi Data

        Komunikasi Data adalah Telekomunikasi yang berkenaan dengan Transmisi, yaitu pemindahan data dan informasi antara komputer - komputer dan piranti lain yang dikirimkan melalui Media Komunikasi Data, yaitu media yang mengkomunikasikan data tersebut.



Jaringan Komputer
        Jaringan Komputer adalah beberapa komputer yang terhubung satu sama lain untuk menggapai suatu tujuan, Tujuan dari jaringan komputer adalah :
§  Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian pencetak (printer), Unit Pengolah Pusat (CPU), memoriCakram keras (harddisk}
§  Komunikasi: contohnya surat elektronik (e-mail), pesan instan (instant messaging), percakapan di internet (chatting)
§  Akses informasi: contohnya Peramban web (web browsing)
§  Suatu jaringan komputer terdiri atas:
1.     Minimal dua buah komputer.
2.    Kartu jaringan (network interface card / NIC) pada setiap komputer.
3.    Medium koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless seperti radiomicrowavesatelit, dan sebagainya).
4.    Perangkat lunak sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Windows 2000Windows NTNovell NetwareLinux, dan sebagainya.
5.    Peralatan interkoneksi seperti HubBridgeSwitchRouterGateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.


Metode Komunikasi Data

     Ada 3 cara Metode Komunikasi Data, yaitu :

1.  Simplex, (satu arah) Seperti pada penerimaan siaran Radio dan Televisi.
2.  Half-duplex, (dua arah) Dalam waktu yang tidak bersamaan, Seperti komunikasi dengan walkie-talkie.
3.  Full-duplex, yaitu komunikasi dua arah pada waktu yang bersamaan,  ( seperti telefon, internet, dll ).

Model referensi komunikasi data
           Model referensi komunikasi data atau juga disebut protokol,  , yaitu adalah sebuah arsitektur komunikasi yang dijadikan standar dalam implementasi komunikasi data.Ada contoh dari prtokol tersebut, yaitu :
1.             Model OSI, Open System Interconnection adalah protocol yang dibuat oleh ISO ( International Organization for Standardization ) yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar jaringan yang beragam. OSI memiliki 7 lapisan atau layer, yaitu : Physical Layer, Data Link Layer, Network Layer, Transport Layer, Session Layer, Pressentation Layer, Application Layer.
2.            Model SNA, System Network Architecture adalah arsitektur produksi IBM tetapi baru prototype. memiliki 7 lapisan, yaitu : Transaction services, Presentation layer, data flow control, Transmission Control, Path control, Data Compresion control, Physical control
3.            Model TCP/IP, TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitasinternet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stackyaitu adalah sebuah arsitektur komunikasi yang dijadikan standar dalam implementasi komunikasi data.
Komponen Komunikasi Data

1.     Penghantar/pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
2.     Penerima, adalah piranti yang menerima data
3.     Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
4.     Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
5.     Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan




Komponen Jaringan Komputer
Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar , yaitu :
1. Komponen Hardware
Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel dan topologi jaringan.
2. Komponen Software
Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.

Sumber : http://sinauonline.50webs.com/cisco%20Komponen%20Jaringan%20Komputer.html
http://wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar